Rabu, 14 Desember 2011

Persahabatan 5 Jari

Suatu hari, ada 5 jari yang bersahabat. Mereka adalah jempol (ibu jari), jari telunjuk, jari tengah, jari manis, jari kelingking. Dan suatu ketika, mereka sedang berbincang-bincang, ibu jari berkata, "akulah jari yg paling hebat. Setiap orang mengatakan sesuatu yang hebat, pastilah orang itu mengacungkan ibu jarinya". Jari telunjuk pun tak mau kalah, ia berkata, "sesungguhnya aku jari yang paling hebat. Setiap orang mau mengajukan pendapat, pasti mereka mengacungkan jari telunjuknya". Jari tengah pun tampak panas dan ia berkata, "aku yang paling hebat. Coba kalian lihat, di antara kita, akulah jari yang paling tinggi. Tak ada yang bisa mengalahkanku." Kemudian, kelima jari berpikir bahwa benar juga yang dikatakan jari tengah. Tapi tiba-tiba, si jari manis yang merasa lebih hebat lagi berkata, "akulah yang paling hebat di antara kalian. Coba kalian pikirkan, setiap orang yang memakai cincin, akan terlihat indah bila cincin itu dikenakan padaku". Si jari kelingking yang dari tadi diam saja, lngsung ikut dalam pembicaraan. "Kalu kalian berpikir, seharusnya akulah yang paling hebat. Ketika orang beranjali, akulah yang paling depan menghadap rupang Sang Buddha."

Lalu, jari manakah yang paling hebat ???

Tak ada jari yang paling hebat, semua jari adalah yang terhebat apabila mereka semua bekerja sama dalam melakukan perbuatan baik.

Dan akhirnya mereka semua sadar dan kembali bersahabat lagi.


(Cerita ini menggambarkan betapa angkuhnya diri kita, merasa paling hebat di antara yang lain, sehingga menjadikan kita lupa diri. Jika kita bekerja sama dengan orang lain, saling membantu dalam melakukan perbuatan baik dan mulia, "itulah kehebatan yang sebenarnya" ......)



Mettacitena,    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;